Tips Bertahan Supaya Bisnis Mainan Anak Tetap Jalan di Tengah Corona

Tips Bertahan Supaya Bisnis Mainan Anak Tetap Jalan di Tengah Corona

Tips Bertahan Supaya Bisnis Mainan Anak Tetap Jalan di Tengah Corona – Maraknya penyebaran virus Corona selama beberapa waktu terakhir telah mencuri perhatian masyarakat dunia. Bahkan Covid-19 telah diumumkan sebagai wabah global atau pandemic. Penyebaran virus ini juga berdampak terhadap pelaku bisnis, termasuk pebisnis mainan anak-anak. Covid-19 secara tidak langsung telah menghambat bisnis mainan karena usaha yang umumnya dilakukan dengan tatap muka menjadi sulit dilakukan.

Tips Bertahan Supaya Bisnis Mainan Anak Tetap Jalan di Tengah Corona

Bisnis mainan selama ini cukup banyak digeluti oleh para pengusaha karena mainan merupakan produk yang selalu dicari oleh anak-anak. Selama ada anak-anak, maka mainan akan selalu dicari. Usaha mainan biasanya akan semakin banyak dicari saat hari Lebaran dan liburan.

Namun dengan kondisi seperti saat ini, tentu saja tidak akan seperti biasanya. Tidak sedikit pebisnis mainan yang gulung tikar atau menutup usahanya untuk sementara waktu karena memang jumlah pembeli yang menurun drastis dibandingkan hari-hari biasanya. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab menurunnya penjualan seperti banyak karyawan yang dirumahkan, pemotongan gaji karyawan, para pelaku usaha yang bisnisnya sepi, dan lain sebagainya. Ketika pemasukan menurun, para orangtua pun akan berpikir dua kali untuk membeli mainan untuk buah hatinya.

Hambatan Menjalankan Bisnis Mainan Di Masa Pandemi

Masa pandemic saat ini memberikan hambatan bagi para pebisnis. Hambatan tersebut mau tidak mau tentu harus dihadapi dan mencari cara agar bisnis tetap berjalan. Berikut ini adalah beberapa hambatan yang saat ini dihadapi oleh para pebisnis mainan.

  • Sulit Mengembangkan Usaha

Sebagian besar pelaku bisnis mainan kesulitan untuk mencapai target yang ingin dicapai ketika kondisi perekonomian nasional sedang lesu karena pandemic. Selain itu, para pelaku bisnis juga akan kesulitan untuk mencapai target tertentu.

  • Terganggunya Keuangan Perusahaan

Pasar yang lesu karena dampak virus Corona tidak dapat meningkatkan angka penjualan pebisnis mainan. Hasilnya, pendapatan yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Kondisi keuangan yang sulit menyebabkan keseimbangan keuangan terganggu. Dampak yang terburuk adalah bisnis yang dijalankan mungkin gulung tikar karena dana yang diperoleh habis sebelum bisnis balik modal.

  • Mainan Bukan Kebutuhan Pokok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mainan bukan termasuk kebutuhan pokok sehingga orang-orang akan lebih memprioritaskan untuk membeli kebutuhan pokok. Setelah kebutuhan tersebut terpenuhi baru kemungkinan mereka akan membeli produk lainnya, termasuk mainan.

Dengan kondisi seperti ini, para pebisnis mainan harus mengatur strategi agar bisnis tersebut tetap jalan dan dapat menghasilkan di tengah pandemic Corona. Lalu, apa saja strategi yang harus disiapkan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Berani Berkreasi dan Berinovasi

Hal ini merupakan kunci penting yang harus dilakukan untuk menghadapi dampak pandemic Covid 19 terhadap perekonomian. Para pebisnis mainan harus memahami bahwa durasi Covid-19 ini tidak bisa diduga secara pasti kapan berakhir. Namun jangan langsung panik dan cobalah untuk segera melakukan penyesuaian. Anda tidak dapat mengendalikan angin. Namun Anda dapat mengendalikan langkah yang ingin diambil

Memastikan Cashflow Tetap Terjaga Dengan Baik

Arus kas merupakan unsur yang penting untuk setiap bisnis, termasuk bisnis mainan. Jadi pemilik usaha harus dapat mengelola uang tunai yang dimiliki secara optimal. Kurangi berbagai pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk menghindari pemborosan keuangan. Beberapa tindakan yang saat ini dilakukan oleh para pemilik usaha adalah memotong gaji karyawan sesuai dengan jam kerja yang dilakukan karena selama masa pandemic jam kerja mereka juga berkurang.

Menyesuaikan Dengan Perubahan Perilaku Konsumen 

Di tengah kondisi pandemic seperti saat ini, konsumen Anda sebenarnya tidak menghilang kemanapun. Yang terjadi adalah perubahan perilaku dan tempat. Mereka memang tidak bepergian ke manapun karena dituntut untuk berada di rumah saja.. Jadi Anda dapat menghampiri mereka dengan berbagai metode, salah satunya adalah secara online.

Berkolaborasi Dengan Bisnis Lain yang Membutuhkan Mainan

Para pebisnis mainan dapat berkolaborasi dengan bisnis lain yang produknya dibutuhkan saat ini. Jadi Anda dapat menjalin kerjasama yang bersifat win-win solution. Tidak hanya itu, kolaborasi ini juga dapat mengoptimalkan produk yang ada dan pengeluaran baru diarahkan ke variabel cost. Contoh bisnis lain yang dapat diajak bekerjasama saat pandemic adalah layanan bimbingan belajar yang menerapkan sistem belajar jarak jauh.

Anda dapat meminta bimbingan belajar tersebut untuk menawarkan produk mainan Anda kepada anak-anak usia PAUD, TK, atau Sekolah Dasar untuk menjadikan mainan tersebut sebagai media belajar. Dalam hal ini, mainan yang dipilih tentunya adalah jenis mainan yang edukatif sehingga memang benar-benar relevan. Contoh mainan edukatif yang bisa ditawarkan antara lain adalah

  • Kartu Huruf

Kartu huruf maupun angka sangat membantu anak-anak usia pra sekolah hingga anak SD kelas bawah. Kartu huruf ini dapat digunakan sebagai media belajar sekaligus alat bermain anak agar mereka tetap belajar selama berada di rumah,

  • Permainan Ular Tangga

Permainan lainnya yang tidak kalah menarik adalah permainan ular tangga. Saat ini permainan ular tangga yang diminati bukan permainan yang perlu papan kartu tetapi ular tangga berukuran besar sehingga memungkinkan anak untuk berjalan atau melompat saat memainkannya. Selain ular tangga, ada juga engklek dan sejenisnya.

  • Aneka Permainan Kreatif

Anda juga dapat menjual aneka permainan yang dapat menstimulasi kreativitas anak seperti lego, playdough, dan sejenisnya. Permainan seperti ini tetap diminati di masa seperti ini karena juga dapat menjadi sarana anak untuk bermain sekaligus belajar.

  • Boneka

Mainan yang satu ini tidak pernah lekang oleh waktu. Boneka bahkan tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Dengan demikian, potensi produk ini untuk laku pun semakin besar. Anda dapat menawarkan boneka karakter yang saat ini sedang menjadi tren dan banyak dicari.

  • Gadget Edukatif

Anak-anak saat ini sudah bisa dibilang sangat familiar dengan gadget. Dengan tren seperti ini, Anda juga perlu menawarkan mainan yang update. Saat ini sudah ada banyak jenis mainan yang sudah didukung dengan teknologi canggih mulai dari jam tangan pintar untuk anak hingga tablet khusus anak yang dapat terhubung dengan akses internet. Mainan seperti ini sekarang banyak dicari secara online. Tentunya ini menjadi kesempatan yang bagus untuk menyediakan kebutuhan tersebut.

Berjualan Keliling

Selama pandemic memang ada tuntutan agar masyarakat tetap berada di rumah saja. Karena konsumen Anda tetap berada di rumah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meminta karyawan Anda berjualan mainan keliling. Pilihlah mainan yang kira-kira dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat untuk memperbesar kemungkinan produk tersebut tetap laku dijual.

Berjualan keliling dapat dilakukan untuk daerah-daerah pemukiman padat penduduk. Untuk segmen ini, Anda dapat menjual mainan yang harganya terjangkau. Tetapi berjualan keliling di masa seperti ini memang memiliki tantangan tersendiri.

Berjualan Online

Selain melakukannya secara offline, Anda juga dapat menjualnya secara online. Bisnis online saat ini sangat menjanjikan dan tidak perlu biaya yang besar untuk menawarkan produk mainan Anda secara online. Anda dapat mendaftarkan diri di beberapa ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, atau marketplace lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas hingga ke berbagai penjuru nusantara.

Apalagi masyarakat saat ini juga kebanyakan sudah mengakses internet dan banyak mencari berbagai kebutuhannya melalui ecommerce, termasuk mainan untuk anak-anak mereka. Mainan tetap menjadi kebutuhan untuk anak-anak di masa seperti ini karena mereka di rumah saja sehingga dapat mengusir rasa bosan selama berada di rumah.

Menawarkan Produk Melalui Social Media

Saat ini ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pemasaran produk secara online. Selain memanfaatkan situs ecommerce, Anda juga dapat menawarkan produk Anda melalui media sosial seperti instagram dan Facebook. Masyarakat saat ini cukup banyak yang membeli produk – produk yang mereka inginkan melalui penawaran yang ada di media sosial.

Jika Anda memiliki biaya tambahan, Anda dapat melakukan endorse untuk selebgram agar membantu memasarkan produk Anda. Tetapi jika tidak ada budget, Anda dapat memasarkannya langsung melalui Facebook marketplace dan Instagram. Pastikan untuk rajin melakukan promosi di media sosial agar masyarakat familiar dengan produk Anda dan nantinya tertarik untuk membelinya.

Menawarkan Diskon

Seperti yang telah disebutkan di atas, mainan tetap menjadi kebutuhan saat ini. Kondisi perekonomian masyarakat sendiri sebenarnya juga beragam. Meskipun banyak yang saat ini sedang dalam kondisi perekonomian yang sulit, Anda tetap perlu mengingat bahwa banyak juga masyarakat yang memiliki kondisi perekonomian stabil sehingga bisnis mainan tetap memiliki kesempatan untuk bertahan di dalam kondisi saat ini meskipun tidak sebanyak biasanya. Untuk memperbesar kemungkinan produk laku terjual, Anda dapat menawarkan diskon terhadap produk – produk mainan yang dijual. Dengan harga yang lebih murah, tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Menawarkan Produk Mainan Melalui Video

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak-anak saat ini sudah menggunakan smartphone dengan akses internet yang memungkinkan mereka menonton video melalui Youtube. Jika Anda membuat video tentang produk mainan anak yang Anda jual, sangat mungkin anak-anak untuk mengetahui produk Anda dan bagaimana menariknya mainan tersebut. Jika mereka tertarik,mereka tentu akan meminta kepada orangtuanya untuk membelikan mainan tersebut. Untuk itu, dalam video yang dibagikan, usahakan Anda juga menyertakan tautan toko online Anda atau contact yang dapat dihubungi sehingga konsumen dapat langsung menuju ke tautan yang ada untuk membeli mainan.

Demikian beberapa tips atau strategi yang dapat dilakukan oleh pebisnis mainan di tengah pandemic akibat wabah virus Covid-19 saat ini. Selain beberapa hal di atas, berikut ini juga ada beberapa tips yang mungkin dapat dipertimbangkan oleh pebisnis mainan agar tetap memperoleh penghasilan selama masa pandemic ini.

  • Menjalankan Usaha Lainnya

Bagi pebisnis, ketika bisnis yang dijalankan lesu maka sebaiknya mencoba mencari alternatif usaha lainnya yang potensial di masa seperti ini. Ada beberapa jenis usaha yang cukup menjanjikan di masa sekarang ini yang dapat dipertimbangkan untuk digeluti

  1. Berjualan Masker dan Face Shield

Saat ini masker dan face shield menjadi produk yang banyak dicari oleh masyarakat karena telah menjadi kebutuhan sebagai alat pelindung diri. Masker dan face shiled saat ini banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari sehingga ini menjadi peluang yang bagus untuk dicoba.

Bahkan usaha yang satu ini masih cukup relevan untuk dijalankan bersama dengan bisnis mainan Anda. Jadi Anda dapat menjual mainan sekaligus dengan masker dan face shield. Karena pangsa pasar potensial usaha Anda adalah anak-anak, maka Anda dapat menjual masker dan face shield untuk anak dengan berbagai karakter dan motif yang lucu sesuai dengan selera anak-anak.

  1. Membuka Toko Sembako Online

Bagi Anda yang mencari alternatif usaha lainnya dan berbeda dengan usaha yang dijalankan, Anda dapat membuka toko sembako online mulai dari beras, gula, minyak, hingga sayur dan buah-buahan. Pola hidup masyarakat saat ini yang menghindari kerumunan atau social distancing memberikan kesempatan bagi Anda untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Dalam sekali pesan, seorang konsumen dapat membeli beberapa produk sekaligus. Selain itu, pesanan mereka juga bersifat kontinu atau terus menerus sehingga ketika produk tersebut habis mereka akan memesan lagi kepada Anda. Target konsumen untuk usaha ini tentunya adalah masyarakat di sekitar daerah tempat tinggal Anda sehingga masih terjangkau. Jika Anda mendapatkan pesanan dari beberapa konsumen setiap harinya, hal ini tentu dapat menambah penghasilan Anda selain bisnis mainan.

  • Menawarkan Sistem Penjualan Melalui Reseller dan Dropshipper

Bisnis online saat ini semakin diminati oleh banyak orang. Mereka yang ingin mencari peluang usaha dengan modal sedikit atau tanpa modal biasanya tertarik untuk menjadi reseller atau dropshipper karena mereka hanya akan memesan barang ketika ada konsumen atau customer. Reseller bisa dibilang sebagai agen pemasaran produk mainan Anda. Jadi mereka akan memperbesar kemungkinan produk mainan Anda tetap laku di saat sulit seperti ini.

Reseller atau dropshipper akan membantu Anda menjual mainan kepada konsumen dengan menaikkan harga jual tersebut. Selisih harga beli dengan harga jual itulah yang akan menjadi keuntungan bagi reseller atau dropshipper. Ketika Anda memiliki beberapa reseller atau dropshipper, mereka akan memperluas jaringan pemasaran produk Anda sehingga Anda bisa meningkatkan penjualan produk.

Sebenarnya ada banyak strategi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar bisnis mainan Anda tetap bertahan di masa pandemic ini. Intinya Anda harus menjadi kreatif dalam menentukan strategi yang sesuai dengan bisnis Anda untuk tetap meningkatkan penjualan saat ini.

Pada dasarnya bisnis mainan memiliki resiko yang tidak terlalu besar karena mainan merupakan barang yang awet dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Jadi walaupun saat ini barang dagangan Anda saat ini belum laku, hal itu tidak menjadi masalah karena setelah masa pandemic berakhir pun produk ini masih tetap layak dijual. Hanya saja, pemasukan usaha memang berkurang drastis.

Kunci utama menjalankan bisnis mainan adalah pemasaran dan update stok barang dagangan yang sesuai dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Mainan – mainan impor saat ini juga banyak diminati karena menawarkan teknologi yang canggih dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: jual perosotan anak Jakarta

Demikian sedikit informasi mengenai cara menjalankan bisnis mainan di tengah pandemic covid-19. Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi Anda dalam menentukan strategi bisnis. Pastikan untuk selalu berpikir positif dan optimis karena semua kesulitan bisnis pasti ada solusinya. Ketika Anda sudah berhasil mengatasi kesulitan tersebut, tentunya ini menjadi pencapaian yang luar biasa untuk diri Anda.

Scroll to Top