Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi

Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi

Diposting pada 25 May 2022 oleh admin

Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi

Strategi pemulihan penjualan mainan anak pasca pandemi – Di awal tahun 2022 ini, masyarakat Indonesia dan juga dunia seperti sedang mengalami kegembiraan yang luar biasa. Ini tidak lepas dari kabar gembira dengan mulai terkendalinya penyebaran virus corona yang sudah membuat banyak orang tidak bisa melakukan berbagai aktivitas seperti waktu normal. Kami merasakan sendiri bagaimana dampak dari pandemi pada bisnis mainan yang sudah kami jalankan selama lebih dari lima tahun. Dampaknya jelas pada penurunan volume penjualan dari berbagai mainan anak indoor-outdoor yang kami jual. Namun kami tidak begitu kaget mengingat hampir semua orang terdampak sekali dengan adanya pandemi ini. Dan beberapa artikel tentang dampak pandemi dan bisnis mainan anak pernah kami tulisa dalam website ini. Kali ini kami ingin menulis tentang “Strategi pemulihan penjualan mainan anak pasca pandemi”.

Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi tokcer

Banyak bisnis yang terpaksa mengurangi kegiatan bisnisnya bahkan menutupnya permanen karena memang keadaan yang sudah tidak memungkinkan. Syukurnya kami memang terdamak namun tidak harus menutup bisnis ini secara permanen. Diantara beberapa faktor yang sangat membantu kami bertahan dalam bisnis mainan anak ini selama masa pandemi corona adalah website-website kami yang bisa menjangkau calon konsumen di berbagai wilayah di Indonesia. Konsumen di Jakarta sepi karena lockdown, ada konsumen yang datang dari luar Jawa seperti Sulawesi, Kalimatan dan daerah-daerah lainnya yang lockdownnya tidak begitu ketat. Namun, kalau dikatakan bisnis kami mengalami penurunan, jelas. Mengingat calon-calon konsumen kami yang ada di kota-kota besar juga menurun drastis.

Bagi pelaku bisnis mainan anak yang sangat tergantung cukup tinggi terhadap media online dalam melakukan promosi, strategi-strategi terbaru menyambut ekonomi nasional yang kemungkinan besar membaik harus segera kami siapkan. Bisnis dengan memanfaatkan media online memerlukan penyesuaian diri yang cepat dengan ekosistem bisnis yang juga bergerak cepat. Bagi Anda yang saat ini memanfaatkan media online baik itu website, instagram, facebook, tiktok, youtube, atau marketplace. Bagaimana dulu dengan website komersial dengan mengisi artikel sedikit saja website kita berada di halaman satu dengan mudah. Sekarang? Jangan tanya susahnya minta ampun. Instagram juga begitu, dengan hastag saja produk kita bisa muncul di pencarian instagram dengan mudah. Sekarang, jangan harap. Youtube, sama saja. Semua berkembang dan berubah. Teman-teman yang sempat berjaya berjualan di website sendiri banyak yang menyerah dengan hadirnya marketplace-marketplace besar. Begitupun dengan yang berbisnis di instagram

Namun, tidak sedikit yang malah semakin berkembang bisnisnya karena memanfaatkan media online secara maksimal dalam meningkatkan penjualan. Mereka-mereka yang semakin berkembang bisa ditebak sendiri. Mereka punya kemauan untuk meningkatkan kemampuan marketing dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan cepat dalam dunia marketing online. Mereka tidak pasrah menghadapi perubahan yang mempengaruhi bisnis mereka. Mereka belajar dan mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya bisnis, strategi-strategi apa yang cocok untuk dilakukan dan segera mengambil langkah nyata untuk melakukan penyelamatan dan juga pengembangan.

Terkait dengan strategi yang kami siapkan untuk memulihkan kembali bisnis mainan yang selama ini naik turun secara drastis selama masa pandemi, kami akan membeberkan beberapa langkah yang sudah dan akan kami lakukan dalam bisnis ini. Anda juga bisa meniru apa yang kami sudah kami lakukan dan akan kami lakukan untuk diterapkan dalam bisnis Anda kalau Anda menggunakan media website sebagai utama dalam mempromosikan bisnis yang Anda kerjakan. Berikut ini beberapa strategi yang kami lakukan dalam rangka memulihkan dan meningkatkan angka penjualan mainan anak pasca pandemi dalam jangka dekat ini.

Perbaiki kinerja media online yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis

Algoritma setiap platform online yang kita gunakan untuk menjalankan bisnis selalu berubah secara berkala. Tekhnik yang dua tahun lalu kita gunakan untuk mendatangkan konsumen seringnya tidak akan bisa lagi kita gunakan untuk saat ini karena algoritma dari media online yang sudah berubah. Misalkan seperti yang sering kami tuliskan dalam beberapa tekhnik pengelolaan website yang sudah kami lakukan sebelum tahun 2017. Sebelum tahun 2016, kami masih bisa menggunakan tag saja untuk bisa berada di halaman satu untuk kata kunci persaingan rendah yang kami incar. Dan dengan mudah website yang kami kelola bisa berada di halaman satu. Tahun 2018 perlahan-lahan mulai sulit. Jangankan tag, tulisan pendek yang isinya tidak begitu lengkap tidak akan diprioritaskan oleh google. Tambah lagi dengan kehadiran marketplace-marketplace besar. Tamatlah riwayat website-wesbite dengan isi ala kedarnya untuk jualan kini disingkirkan oleh marketplace besar dan juga website kompetitor dengan konten yang lebih manusiawi.

Bagaimana cara memperbaiki kinerja media online yang kita gunakan untuk bisnis? Dalam setiap platform online setiap saat selalu ada pembaharuan sistem posting dari user yang menggunakan platform mereka. Misalkan instagram dulu pernah menggunakan hastag sebagai acuan untuk mempermudah menemukan sebuah foto. Website menggunakan tag, dan youtube menggunakan tumbnail. Dulu dengan satu email kita bisa membuat banyak akun instagram. Sekarang sudah tidak bisa lagi. Seleksi foto juga semakin ketat. Itulah yang perlu harus dipelajari oleh bagian marketing yang mengelola website, instagram, tiktok, youtube atau media online lainnya. Untuk website sendiri, karena kami sangat fokus mengerjakan marketing lewat website saat ini, yang paling harus kami perhatikan adalah kualitas tulisan penawaran yang kami buat tidak boleh asal-asalan, enak dibaca, informatif dan disertai gambar yang mewakili isi tulisan. Misalkan kami membuat artikel penjualan tentang perosotan anak, Antara informasi tentang perosotan anak yang kami jual dan gambar gambar yang kami tampilkan harus saling melengkapi satu sama lain. Kecuali kebijakan menampilkan harga karena alasan efektivitas bisnis.

Ketika kinerja media online yang kita gunakan untuk marketing semakin bagus dan sesuai dengan standar, disukai calon konsumen, kemungkinan bisnis kita berkembang sangat besar sekali. Untuk kriteria apakah media online yang kita gunakan sudah sesuai standar, kami sarankan tim marketing online untuk ikut kursus dari beberapa ahli yang memang menekuni setiap media online. Kami sendiri, sudah lebih dari 10 kali mengirim tim kami untuk belajar tentang cara mengelola website yang benar baik itu tentang cara penyettingan website, cara menulis artikel yang disukai calon konsumen, cara menyetting gambar dan cara menaikkan website dari luar website itu sendiri.

Customer servis fast respon dan punya product knowledge yang bagus

Salah satu penunjang bisnis yang tidak kalah penting ketika kita menggunakan media online untuk marketing adalah customer servis. Misalkan produk kami berbagai macam mainan anak seperti perosotan dengan berbagai model dan ukuran, ayunan anak, playground anak, playground kolam renang, perosotan kolam renang, sepeda air fiberglass dan mainan-mainan anak lainnya yang rata-rata sistem pemesanannya adalah melalui pre-order. Maka ketika ada calon konsumen yang hendak membeli produk mainan anak yang kami jual, rata-rata mereka akan menghubungi customer servis kami terlebih dahulu untuk menanyakan ketersediaan mainan dan harga. Mungkin beda dengan barang pabrik yang diproduksi masal seperti seperti sepatu, laptop, televisi dan produk-produk pabrik lainnya. Ukurannya sudah jelas dan bisa dilihat reviewnya dari berbagai channel youtube atau website. Kadang, ketika jual produk pabrik, konsumen tetap bertanya kepada customer servis.

Keputusan untuk jadi atau tidaknya konsumen dalam membeli produk kita selain dari tampilan gambar website yang bagus, juga cara customer servis kita dalam menjawab pertanyaan konsumen. Misalkan tentang keramahan, kemudahan dalam menjelaskan produk dan cara negosiasi harga dengan konsumen. Bagi customer servis dengan jam terbang tinggi, mereka bisa sudah bisa mengenal mana konsumen potensial dan mana potensial yang hanya sekedar tanya-tanya. Namun mereka harus memperlakukan semua calon konsumen dengan cara yang ramah. Karena banyak konsumen yang tidak bisa membeli sekarang suatu saat kembali ketika uang mereka sudah cukup.

Keramahan, kecepatan menjawab dan juga pengetahuan akan produk yang ditwarkan kepada konsumen sangat penting sekali untuk dikuasai oleh customer servis. Di perusahaan-perusahaan besar ada devisi khusus customer sesuai dengan keperluannya. Ada yang menangani tentang produk, ada yang menangani tentang keluhan konsumen yang semuanya punya keahlian sendiri-sendiri. Untuk bisnis yang masih terbilang sederhana seperti kami, masih ditangai oleh customer satu saja namun cukup bisa kami andalkan dalam menjelaskan produk kepada konsumen. Kami juga memiliki beberapa partner marketing yang masih menginduk kepada usaha kami dengan menejemen yang independen dan juga punya kemampuan customer servis yang juga mumpuni.

Jual produk yang kualitasnya terjamin

Kombinasi tampilan website, instagram, tiktok, youtube dan media-media online yang bagus, cusomer servis yang fast respon, satu lagi, kualitas produk yang kita jual bagus dan teruji. Salah satu kunci dari bertahannya perusahaan-perusahaan hingga lebih dari puluhan tahun adalah kualitas produk yang mereka jual kepada konsumen benar-benar bagus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Konsumen rela mengeluarkan uang besar untuk membeli produk-produk seperti mobil, motor, alat elektronik, dan juga pakaian tidak hanya karena merknya, tapi juga kualitas yang mengiringi merk tersebut. Misalkan untuk alat elektronik, produk dari Philips, Maspion, Polytron dan juga Sharp adalah beberapa perusahaan produk elektronik untuk kebutuhan sehari-hari yang terkenal awet dan sangat laku di masyarakat.

Mainan anak yang kami jual saat ini sudah memenuhi standar kualitas yang diinginkan oleh konsumen menurut kami. Partner produksi yang bekerjasama dengan kami untuk membuat berbagai mainan anak menurut kami sudah sangat berpengalaman dengan hasil mainan dengan kualitas produk terjamin. Memang ada beberapa keluhan kerusakan dari beberapa konsumen tentang finishing produk. Tapi kerusakannya masih bisa ditolerir seperti kerusakan karena proses pengiriman dan juga proses pemasangan. Dan bisa diperbaiki lagi. Atau kerusakan karena pemakaian yang tidak sesuai peruntukannya yaitu mainannya dipakai oleh orang dewasa.

Tiga poin di atas menurut poin-poin penting yang harus kami siapkan dan perbaharui dalam menyambut situasi normal pasca pandemi yang sudah di depan mata, Tentu seperti yang kami sampaikan di atas, tidak hanya untuk bisnis mainan anak saja tiga poin di bisa diterapkan, bisnis-bisnis yang mengandalkan median online dalam bentuk bisnis apa pun kami yakin juga bisa diterapkan. Sabagai penutup, dengan normalnya berbagai kegiatan masyrakat saat ini, bisa memulihkan kembali semua sektor ekonomi di Indonesia baik itu sektor mikro dan juga sektor makro. Terima kasih sudah membaca. Salam sukses.

 

 

Bagikan informasi tentang Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi kepada teman atau kerabat Anda.

Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi | 081246831706 Jual Perosotan I Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Strategi Pemulihan Penjualan Mainan Anak Pasca Pandemi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan