Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital

Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital

Diposting pada 11 January 2023 oleh admin

Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital

Strategi mengembangkan bisnis mainan playground anak di era digital – Bisa dibilang menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita tersedia banyak platform online untuk memasarkan produk yang akan kita jual. Beratnya adalah, persaingan dalam menjalankan bisnis juga semakin banyak. Bisnis yang dijalankan di era digital seperti sekarang harus memiliki rencana pengambangan yang jelas agar bisa bertahan dan berkembang. Tidak bisa dijalankan secara serampangan atau asal-asalan karena kemungkinan untuk bertahannya sangat kecil. Begitupun dengan bisnis mainan playground anak dan playground kolam renang yang kami jalankan dalam website ini, harus selalu ada strategi-strategi baru dalam menghadapi persaingan. Itulah yang membuat kami tertarik untuk mengulas strategi mengembangkan bisnis mainan playground anak di era digital.

 

Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital terbaru

Bagi Anda yang sudah memutuskan untuk menjalankan bisnis dengan marketing online, Anda sudah berada di jalan yang benar untuk era digital seperti sekarang ini. Peluang menjalankan bisnis dengan mengandalkan media online dalam jangka waktu sepuluh tahun terakhir sangat besar sekali. Banyak sekali bisnis yang dibangun dari modal minim dengan omset ratusan ribu per bulan kemudian berkembang menjadi bisnis yang omsetnya ratusan juta dengan mengandalkan media digital dalam menjalankan bisnis. Tidak heran, dalam lima tahun terakhir, banyak pelaku bisnis yang mengeluarkan investasi besar-besaran untuk pengembangan marketing media digital untuk menjalankan bisnis.

Besarnya peluang bisnis dengan memanfaatkan media digital atau online ini membuat banyak orang tertarik untuk terjun di dunia bisnis. Pada saat kami memulai menjalankan bisnis mainan anak indoor-outdoor sekitar delapan tahun yang lalu, masih belum banyak pelaku bisnis yang menyadari peluang besar yang ada dalam dunia marketing online. Kompetitor dalam bisnis mainan anak masih sedikit. Hanya dengan mengandalkan website yang seadanya dan dikelola tidak terlalu profesional, penjualan yang kami catatkan cukup menggembirakan. Memasuki tahun 2017, kesadaran para pelaku bisnis mainan anak untuk memanfaatkan media online secara profesional meningkat tajam. Dan Anda bisa tebak, kompetisi menjadi semakin sengit.

Dari pengalaman lebih dari lima tahun menjalankan bisnis mainan anak indoor-outdoor lewat media online, kami tertarik untuk berbagi tips yang sudah pernah coba dalam mengembangkan bisnis jual playground anak taman dan jual playground taman. Beberapa tips atau strategi yang kami bagikan di sini tidak hanya berlaku untuk bisnis mainan playground anak saja, bisa juga diterapkan untuk bisnis-bisnis lain yang mengandalkan media online untuk memasarkannya. Let’s cek this out!!!

Riset produk jualan

Riset produk jualan adalah langkah awal yang harus kita lakukan sebelum memutuskan untuk terjun di bisnis mainan playground atau produk lainnya. Saat ini, para pelaku bisnis online mengandalkan riset google trend untuk melihat potensi produk yang akan mereka jual di pasaran. Riset ini adalah salah satu pondasi yang akan kita gunakan untuk mengambil keputusan strategis dalam bisnis. Ketika kami mengetik dengan kata kunci playground anak di google trend, grafiknya termasuk stabil selama rentang satu tahun 2022. Grafiknya naik turun namun tidak ekstrim. Dari sini kami bisa mengambil kesimpulan bahwa bisnis mainan playground anak masih layak untuk diseriusi.

google trend playground anak

Ada beberapa aplikasi online yang bisa Anda gunakan untuk riset dengan hasil yang lebih akurat. Misalkan ahref, moz, neil patel, keywordtool.io dan beberapa yang lainnya. Melakukan riset dengan seksama ketika terjun dalam bisnis marketing online bisa meminimalisir hal-hal yang tidak perlu kita lakukan. Jangan sampai kita melakukan bisnis berdasarkan asumsi pribadi. Mungkin di perkiraan kita bisnis yang kita lakukan sudah akan banyak yang mencari di google atau platform lainnya. Namun ketika diriset ternyata yang mencari tidak banyak. Maka yang harus kita ikuti adalah data riset yang banyak dicari oleh konsumen di google. Kecuali, kalau di di pasar offline produk Anda sudah jalan penjualannya, dan merambah marketing online hanya untuk melengkapi pasar offline yang sudah berjalan bagus, maka riset tidak perlu menjadi patokan.

Menyiapkan media online yang akan dipakai untuk marketing

Faktor penting kedua selain riset untuk marketing online adalah menyiapkan media online yang akan akan kita gunakan. Ada beberapa pilihan media online yang menurut kami cocok untuk memasarkan produk-produk mainan anak indoor-outdoor dan juga playground taman. Pilihan utama media online untuk memasarkan produk kami adalah website. Sejak awal terjun dalam bisnis mainan anak ini, website adalah media utama yang kami gunakan dalam menjalankan bisnis. Kami sudah melakukan riset untuk beberapa produk mainan anak yang kami jual dalam website ini, dan pencariannya rata-rata di atas 100 volume pencarian per bulan. Bahkan ada yang di 500 untuk produk perosotan anak.

Tugas utama dari website adalah menawarkan produk yang kita jual kepada calon konsumen. Maka akan timbul sebuah pertanyaan, “bagaimana supaya produk yang kita jual dalam website komersial yang kita kelolal ditemukan oleh calon konsumen potensial?” Dalam menjawab pertanyaan ini, kita bisa menggunakan logika paling dasar sekali. Ketika kita mencari informasi apa pun di mesin pencari google, website paling mana yang kemungkinan akan kita kunjungi. Jawabannya adalah website yang berada di halaman satu gooogle terlebih dahulu, baru ke website-website halaman selanjutnya kalau kita tidak menemukan informasi yang kita butuhkan dari daftar website yang ada di halaman utama. Maka, tugas kita adalah menempatkan website kita di halaman utama google sesuai dengan bisnis yang kita jalankan.

Anda bisa mencari di google tentang tekhnik menempatkan website di halaman satu google. Ketik saja dengan kata kunci tersebut. Nanti akan banyak website-website bagus yang mengulas tentang cara menaikkan website di halaman utama google. Kami awal-awal menjalankan bisnis mainan ini dengan website sama sekali tidak paham cara mengelola website agar bisa berada di halaman utama google. Lama-lama kelamaan website kami menghilang berada entah di halaman berapa dan kami sadar, kami perlu ilmu untuk mengelola website secara profesional. Dan akhirnya, kami memutuskan untuk mengikuti beberapa kursus yang disediakan oleh beberapa ahli website yang sudah teruji. Dari membaca online dan mengikuti kursus pengelolaan website secara profesional, sedikit demi sedikit kami paham tentang cara mengelola website yang benar. Dan hasilnya adalah, kata kunci yang kami gunakan untuk menawarkan produk kami di google banyak yang muncul di halaman satu.

Cara lain untuk menempatkan website kita selain dengan cara manual adalah dengan iklan berbayar di google. Untuk cara yang kedua ini, Anda bisa belajar sendiri menyetting iklan berbayar Anda di google atau bisa juga dengan menggunakan pihak ketiga yang sudah punya pengalaman dalam mengelola iklan website di google. Menggunakan jasa pihak ketiga yang sudah punya pengalaman dalam menyetting iklan di google menurut kami lebih bagus ketimbang menyetting iklan sendiri kalau pengalaman beriklan secara mandiri belum banyak. Memang biaya akan nampak lebih mahal, namun tingkat konversi penjualan menjadi lebih tinggi. Dan resiko rugi iklan menjadi lebih sedikit.

Selain menggunakan media website komersial yang dikelola secara mandiri, kita juga bisa menggunakan media-media online lainnya yang juga banyak diakses oleh calon konsumen. Beberapa media online yang masih efektif untuk menjalankan bisnis online adalah marketplace-marketplace besar seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, olx dan marketplace lainnya. Ada juga youtube, instagram, tiktok, twitter dan juga facebook. Idealnya dalam menjalan bisnis lewat online, semua media online yang tersedia saat ini harus kita gunakan secara maksimal untuk marketing. Semakin banyak media online yang kita gunakan untuk marketing, calon konsumen potensial yang bisa kita capai juga semakin besar.

Namun untuk mengelola semua media online yang kami sebutkan di atas, kita membutuhkan sumber daya manusia yang punya keahlian khusus dalam mengelola media online tesebut. Misalkan untuk website, kita membutuhkan sumber daya manusia yang bisa menulis dengan bagus dan juga mengedit foto. Untuk media tiktok, youtube dan juga instagram, kita membutuhkan sumber daya manusia yang punya kemampuan bagus dalam mengedit video dan juga gambar agar sesuai dengan apa yang diminta oleh platform tersebut.  Bahan-bahan marketing yang kita gunakan harus dibuat semenarik mungkin untuk calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk yang kita jual.

Menyiapkan customer servis yang handal

Kalau diibarat sebuah toko offline di pinggir jalan, customer servis dalam bisnis mainan anak online adalah penyambut tamu atau prontline. Peran customer servis dalam bisnis online sangat vital untuk menentukan sukses tidaknya konsumen menjual produk. Sama dengan prontline di toko offline, mereka juga harus sopan dan bisa menjawab dengan cepat setiap pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen. Selain harus ramah, konsumen juga harus menguasai setiap detail produk yang kita jual. Maka dari itu, customer servis harus mendapat pelatihan yang bagus dalam melayani konsumen dan juga pelatihan dalam penguasaan produk knowledge.

Untuk permulaan, mungkin kita bisa menjadi customer sendiri dari produk yang kita jual. Ini berlaku untuk bisnis yang tingkat penjualannya tidak dalam jumlah besar dan traffic konsumen yang juga terbatas. Kalau untuk bisnis dengan traffic media online tinggi, maka menggunakan customer servis khusus yang tugasnya hanya menjadi customer servis mutlak harus dilakukan. Dalam bisnis mainan playground anak taman dan juga bisnis mainan anak yang kami kerjakan saat ini, kami sudah melakukan bagi tugas. Ada yang bertugas untuk menjawab konsumen, ada yang bertugas untuk mengelola marketing, dan ada juga yang bertugas khusus untuk produksi. Karena kami melihat, traffic konsumen yang mengunjungi website kami lumayan tinggi dan perlu fokus yang besar dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen.

Menjaga kualitas produk yang kita jual

Kualitas produk yang bagus adalah salah satu kunci keberlangsungan bisnis mainan playground taman dalam jangka panjang. Dalam bisnis mainan anak, konsumen yang mendapatkan produk dengan kualitas yang memuaskan akan bercerita kepada kenalan atau saudara mereka tentang produk yang sudah mereka beli. Kami beberapa kali mendapatkan pesanan mainan anak dari konsumen yang sama karena pengalaman mereka menggunakan produk mainan yang sudah mereka beli. Dengan produk yang bagus, kita juga bisa dengan mudah meyakinkan calon konsumen kita untuk membeli produk yang kita jual. Selain itu, dengan kualitas produk yang bagus, tingkat komplain konsumen pada produk yang mereka beli juga rendah.

Empat poin di atas menurut kami adalah strageti penting yang selama ini kami terapkan dalam menjalankan bisnis mainan anak lewat berbagai media online. Tentu saja strategi yang kami gunakan adalah strategi paling dasar yang harus diketahui oleh Anda yang memutuskan untuk terjun dalam bisnis online untuk marketing. Kami yakin, strategi yang kami paparkan dalam artikel strategi mengembangkan bisnis mainan playground anak di era digital berlaku untuk bisnis-bisnis lainnya. Dan setiap poin yang kami jelaskan di atas harus Anda per dalam sendiri seperti apa yang kami anjurkan di atas. Tulisan ini hanya pancingan atau pembuka cakrawala bagi Anda yang hendak menyeriusi bisnis marketing online. Terima kasih sudah berkunjung. Salam sukses.

Bagikan informasi tentang Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital kepada teman atau kerabat Anda.

Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital | 081246831706 Jual Perosotan I Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Strategi Mengembangkan Bisnis Mainan Playground Anak di Era Digital

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan