Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak

Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak

Diposting pada 18 April 2022 oleh admin

Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak

Pentingnya menejemen marketing yang bagus dalam bisnis mainan playground anak – Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang menejemen marketing bisnis mainan playground anak lewat media online. Kami memilih menfokuskan di mainan playground anak dan juga media online karena ini benar-benar pengalaman langsung kami dalam menjalankan bisnis ini. Selain berdasarkan pengalaman langsung, dalam menulis artikel ini kami juga menggunakan beberapa sumber website online dan juga beberapa buku yang pernah kami baca. Berbagi dengan menulis seperti ini menurut kami penting sekali dalam perjalanan bisnis mainan anak indoor-outdoor yang kami jalankan saat ini untuk memperkuat eksistensi bisnis kami di dunia online. Maka, artikel ini kami beri judul “Pentingnya menejemen marketing yang bagus dalam bisnis mainan playground anak.”

Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak update

Kami menyeriusi bisnis mainan anak indoor-outdoor mulai dari playground anak, perosotan anak, ayunan anak, perosotan kolam renang, mangkok putar dan mainan-mainan lainnya sudah lebih dari lima tahun. Sejak awal kami menjalankan bisnis ini memang langsung mengandalkan media online khususnya website karena media inilah yang paling gampang untuk dikerjakan dalam menjalankan bisnis mainan indoor-outdoor. Awal kami terjun dalam bisnis mainan anak lewat online, pengetahuan kami tentang cara pengelolaan website benar-benar nol. Tidak ada sama sekali. Tidak tahu cara membuat website, tidak tahu cara membuat artikel penjualan yang bagus, tidak tahu cara mensetting website seperti yang diinginkan oleh google. Benar-benar mulai dari nol. Kami diajari sedikit oleh teman yang membuatkan website untuk memposting foto produk dan tag saja.

Itu sedikit latar belakang Sakti Edutoys terjun secara serius dalam bisnis mainan anak indoor-outdoor lewat website. Sebenarnya kami tidak hanya menggunakan website saja dalam memasarkan produk-produk kami. Platform-platform lain tetap kami gunakan dengan porsi yang tidak sebesar website. Karena kami melihat, calon konsumen terbesar untuk produk-produk mainan anak yang kami masih dari website. Atau bisa jadi, kami belum begitu maksimal dalam mengelola media online di luar website. Kembali ke topik tentang “Pentingnya menejemen marketing yang bagus dalam bisnis mainan playground anak,” berikut kami buatkan poin-poin agar lebih mudah dipahami.

Menejemen konten gambar dan video

Hal pertama yang harus kita pahami ketika terjun dalam bisnis mainan anak indoor-outdoor playground adalah menejemen konten gambar dan video. Gambar dan video adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis menggunakan platform online. Seperti yang kita pahami bersama, calon konsumen yang akan membeli produk mainan yang kita jual tidak melihat langsung apa yang akan mereka beli. Pemikat awal atau daya tarik pertama agar calon konsumen berminat untuk  berbelanja di tempat kita adalah gambar, video atau deskripsi produk yang benar-benar menggugah minat calon konsumen untuk membeli. Cara paling gampang untuk melihat pentingnya konten gambar dan video dalam bisnis di era digital seperti sekarang adalah dengan melihat iklan televisi.

Ketika Anda melihat iklan produk di televisi, Anda pasti melihat bagaimana ramainya suasana video dari iklan tersebut. Mulai dari pemilihan warna, pemilihan bintang iklan, alur cerita iklan dan solusi yang diberikan iklan tersebut untuk calon konsumen mereka. Tidak beda dengan iklan mainan anak atau iklan produk-produk lain yang sedang Anda bisniskan saat ini. Konten yang menarik dan bisa memberikan gambaran awal tentang produk yang hendak dicari konsumen sangat penting sekali untuk ditampilkan baik itu di website, facebook, youtube, instagram, pinterest dan media-media lainnya, konten foto dan video yang bagus adalah hal pertama yang harus benar-benar kita perhatikan.

Ketika awal-awal menjalankan bisnis mainan playground anak, kami menggunakan foto seadanya saja. Kadang kami ambil dari mainan yang ada di lembaga pendidikan, kadang kami ambil dari internet. Baru setelah mendapatkan partner produksi mainan anak yang benar-benar profesional, kami bisa mendapatkan foto dengan kualitas bagus. Dan dampaknya adalah, jumlah pesanan yang masuk juga meningkat. Ditambah, portopolio dari produk-produk yang sudah kami kerjakan untuk konsumen, jadi saat ini untuk gambar berbagai mainan anak sudah bukan masalah lagi. Kami juga punya stok foto yang berlimpah dengan kualitas yang bagus dan kini hanya perlu untuk memakmasilkan marketing website. Kendala kami saat ini adalah pembuatan konten video yang belum begitu maksimal. Kami belum bisa meraba seberapa bagus media online berbasis video seperti youtube dan tiktok untuk memasarkan mainan playground anak.

Menejemen konten tulisan

Faktor kedua dalam menjalan bisnis mainan anak indoor-outdoor playground anak adalah konten tulisan. Apalagi untuk marketing website, konten tulisan atau lebih sering dikenal dengan copy writing adalah faktor kunci agar website kita menjadi pilihan utama google untuk ditempatkan di halaman satu google. Anda tahu sendiri, google adalah mesin pencari yang menyaring website-website untuk ditempatkan di halaman utama karena kualitas tulisan sebuah website. Apakah konten tulisan yang disajikan dalam website bisa memberikan solusi bagi pengguna google yang sedang mencari informasi. Semakin bisa memberikan solusi kepada pengguna, google akan semakin memprioritaskan website kita untuk berada di halaman satu.

Maka dari itu, kita harus benar-benar memperhatikan kualitas konten tulisan yang kita upload dalam website kita. Untuk konten tulisan, ketika kita tidak punya waktu untuk membuat konten tulisan atau tidak punya kemampuan untuk menulis, saat ini sudah banyak jasa penulisan artikel untuk diiisi di website. Namun perlu diingat, meski kita bisa membeli artikel untuk diisi dalam website, quality control tetap harus ketat. Kita tidak bisa pasrah begitu saja langsung upload tulisan yang sudah kita beli. Perlu kita baca lagi. Kalau ada yang kurang pas dan kurang enak dibaca, harus kita ubah. Kita juga apakah tulisan yang kita beli dari penulis artikel ada yang hasil mencopy dari website orang lain. Kalau hasil kopian terlalu banyak, maka itu akan berdampak buruk pada website kita.

Saran kami, untuk Anda yang awal-awal membangun website, tulisan dalam website harus Anda sendiri yang menulis. Kalau tidak bisa, Anda tinggal meniru dari website-website yang sudah ada. Tinggal Anda modifikasi sesuai dengan produk yang Anda jual. Dan jangan lupa, banyak membaca artikel tentang dunia bisnis atau buku-buku bisnis akan sangat membantu sekali agar tulisan kita enak dibaca oleh calon konsumen. Dengan banyak membaca artikel dan buku tentang dunia bisnis ibarat mendayung, satu dua pulau terlampau. Pengetahuan Anda tentang bisnis bertambah, tulisan Anda juga semakin bagus. Pengetahuan tentang bisnis tidak kalah pentingnya juga dengan kualitas konten kita.

Menejemen research and development (R&D)

Satu hal yang sering lupa atau tidak diketahui sama sekali oleh para pebisnis pemula adalah research and development (R&D). Apa itu research and development? Gampangnya adalah, research and development adalah pendalaman dan pengembangan bisnis yang di situ kita terjun. Misalkan ketika kami memutuskan untuk terjun dalam bisnis mainan anak indoor-outdoor lewat platform online, kami riset dulu. Apakah ketika kami menjual mainan playground anak ada yang calon konsumen yang mencari produk ini lewat website. Setelah mendapatkan data bahwa ada lumayan banyak calon konsumen yang mencari mainan anak indoor-outdoor lewat online, baru kami melakukan langkah selanjutnya. Membuat berbagai artikel yang isinya penawaran mainan ini. Karena sudah melakukan research, sepanjang metode marketing yang kami lakukan memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh google, konsumen yang membeli produk kami menjadi ada.

Research ini tidak ada hanya berkaitan dengan ada tidaknya calon konsumen yang akan membeli produk kita, tapi juga pada penyesuaian diri terhadap metode yang kita gunakan dalam mengelola website. Tidak boleh asal-asalan. Seperti yang kami jelaskan di poin satu dan dua, gambar-gambar yang kita upload sudah memenuhi standar belum, tulisan kita sudah sesauai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen dan google tidak. Ada perubahan perilaku konsumen atau tidak. Masihkah mereka mengandalkan google ketika akan membeli produk mainan anak. Kalau tidak ada, kira-kira mereka pindah di platform mana. Apakah di media sosial atau membeli langsung. Kalau sudah sesuai dengan semua jalur dan hasil dari bisnis yang kita jalankan sudah sesuai dengan ekspektasi, kita bisa bergerak ke tahap selanjutnya yaitu development atau pengembangan.

Pengembangan di sini maksudnya adalah melihat peluang-peluang pengembangan lainnya untuk meningkatkan penjualan yang sudah ada sekarang. Misalkan satu website performanya sudah bagus, kita bisa membuat website lagi dengan target penjualan masih satu rumpun tapi beda jenis. Misalkan, untuk mainan fiberglass jenisnya macam-macam. Ada playground anak, perosotan kolam renang, perosotan waterboom, perosotan anak, ember tumpah, totter, bebek air fiberglass dan masih banyak. Biasanya satu website akan unggul untuk satu produk saja, dan lemah di produk lain. Tujuan untuk membuat website berbeda adalah untuk menarget kata kunci yang sulit naik di website pertama.

Cara pengembangan lainnya adalah dengan melihat peluang-peluang platform lainnya yang selama ini kurang kita maksimalkan seperti yang kami sebutkan di atas. Bisa dengan media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, medium, youtube, pinterest dan masih banyak. Semakin kita banyak hadir di berbagai platform online yang banyak diakses oleh calon konsumen, semakin bisa meningkatkan penjualan produk. Apalagi kita bisa hadir di berbagai platform dengan kualitas konten yang bagus. Tidak hanya konsumen baru yang bisa kita dapatkan, tapi juga kepercayaan konsumen kepada kita juga akan semakin meningkat.

Bisnis yang tidak ada R&Dnya biasanya akan sulit untuk berkembang atau akan berakhir dengan kebangkrutan. Kalau kita membaca data-data perjalanan bisnis, tidak hanya perusahaan kecil saja yang harus tutup, tapi juga banyak perusahaan-perusahaan besar terpaksa menutup bisnisnya karena tidak ada R&D yang kuat dalam bisnis tersebut. Anda bisa mencari di google perusuhaan-perusahaan yang pernah berjaya namun akhirnya gulung tikar. Coba Anda cari dengan kata kunci perusahaan yang dulunya berjaya dan sekarang tutup. Jumlahnya kalau yang mulai dari yang kecil hingga yang besar pasti ribuan. Tidak usah googling juga bisa, di sekeliling Anda, bisa juga Anda sendiri pernah menjalankan bisnis yang kemudian harus berakhir. Bisa jadi itu semua karena kurangnya R&D yang kita jalankan. Selain faktor eksternal seperti pesaing besar yang tiba-tiba datang dengan konsep yang lebih bagus dan menarik bagi calon konsumen baru.

Bisa jadi R&D juga akan memberikan kita keputusan pahit bahwa kita harus menutup usaha kita. Tidak masalah. Kalau usaha yang kita jalankan saat ini sudah tidak memungkinkan untuk dilanjutkan karena akan semakin membuat kita berada dalam tanggungan hutang yang terus bertambah, maka menutup usaha adalah pilihan yang paling logis. Namun dengan adanya R&D ini, bisa membuat kita selalu mawas diri untuk hal-hal terburuk yang pasti terjadi dalam bisnis. Misalkan keadaan yang masih kita jalani saat ini adalah adanya pandemi, tentu sebagian besar pelaku bisnis tidak siap dengan kondisi ini. Dengan adanya R&D yang sudah berjalan bagus, antasipasi-antipasi dampak keadaan terburuk dalam bisnis yang kita jalankan bisa kita persiapkan sedini mungkin.

Sebenarnya kalau dituliskan tentang R&D ini, bisa berhalaman-halaman untuk bisa mendapatkan pemahaman yang utuh tentang pengembangan bisnis di era modern seperti sekarang. Kami sarankan Anda untuk memperdalam tentang R&D untuk membaca buku yang khusus membahas ini. Bisa juga dengan meminta pendapat konsultan bisnis berpengalaman kalau mau bisnis Anda bergerak lebih cepat dan terarah. Kelihatan mahal, tapi imbal balik yang Anda dapatkan dari pengeluaran tersebut sangat sepadan sekali baik itu bagi kelangsungan bisnis Anda juga perkembangannya.

Customer servis yang responsif

Custor servis dalam bisnis online bahasa gampangnya adalah orang yang bertugas untuk melayani pertanyaan calon konsumen/konsumen dan menjelaskan produk yang kita jual kepada mereka. Customer servis adalah salah satu ujung tombak gagal tidaknya kita dalam menjual produk kepada konsumen baru. Bagaimana cara mereka menjelaskan produk kepada konsumen, bagaimana cara mereka melayani konsumen dan juga bagaimana mereka menangani keluhan konsumen akan sangat berpengaruh sekali pada jadi tidaknya konsumen untuk membeli produk kita. Mereka harus menguasai cara komunikasi yang gampang dimengerti oleh calon konsumen dan punya sikap yang sopan kepada calon konsumen. Selain cara komunikasi yang ramah kepada konsumen, yang tidak kalah penting dari kemampuan seorang customer servis adalah pengetahuan mereka tentang produk yang kita jual dengan baik. Istilahnya adalah menguasai produk knowledge yang mumpuni.

Memberikan pelatihan yang bagus kepada customer servis di era bisnis yang serba digital seperti sekarang adalah investasi yang bernilai tinggi. Kalau tampilan webiste adalah media untuk mendapatkan calon konsumen, customer servis adalah penentu apakah konsumen jadi membeli atau tidak. Memang dalam beberapa produk yang dijual lewat website tidak membutuhkan customer servis katika kita menjual produk. Tapi untuk mainan anak seperti yang kami jual membutuhkan penjelasan yang detail dari customer servis. Tipe konsumen Indonesia juga masih banyak yang tetap bertanya lewat whatsapp meski di gambar sudah dijelaskan secara detail produk yang kita jual. Mereka kurang puas ketika membeli barang tapi belum bertanya apa yang akan mereka beli.

Empat poin ini dulu yang bisa kami jelaskan. Anda bisa menerapkannya di beberapa bisnis yang saat ini Anda jalankan menggunakan marketing online. Sebenarnya masih ada beberapa poin yang bisa kami jelaskan. Tapi tulisan dengan judul “Pentingnya menejemen marketing yang bagus dalam bisnis mainan playground anak” sudah cukup panjang. Kemungkinan akan kami jelaskan dalam artikel yang berbeda. Terima kasih sudah berkunjung. Anda bisa membagikan tulisan ini ke media sosial Anda jika Anda berpikir bahwa tulisan ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Salam sukses.

 

 

 

 

Bagikan informasi tentang Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak | 081246831706 Jual Perosotan I Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Pentingnya Menejemen Marketing yang Bagus dalam Bisnis Mainan Playground Anak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan