Pengiriman Perosotan Jumbo Lurus Ke Makassar

Pengiriman Perosotan Jumbo Lurus Ke Makassar

Pengiriman perosotan jumbo lurus ke Makassar – Di masa-masa ekonomi belum menentu seperti sekarang dan semua jenis kegiatan dibatasi, penjualan produk-produk mainan dari Sakti Edutoys tidak mengecewakan. Pesanan mainan  anak datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Ambon, Batam, Jakarta, Semarang, NTT dan juga Makassar. Semua ini tentu harus kami syukuri. Hampir semua orang terdampak dengan begitu lamanya pandemi, tidak terkecuali dengan bisnis mainan yang kami jalani. Pembelian alhamdulillah masih ada tapi tidak senormal pada waktu sebelum pandemi. Salah satunya yang akan kami review sekarang adalah pengiriman perosotan jumbo lurus ke Makassar. Menurut kami, pengiriman ini sangat perlu kami dokumentasikan secara tertulis dan juga gambar sebagai portopolio untuk meyakinkan konsumen yang akan memesan perosotan anak di Sakti Edutoys.

Pengiriman Perosotan Jumbo Lurus Ke Makassar tanpa halangan

Dari data penjualan yang kami kumpulkan selama dua tahun masa pandemi ini, perosotan termasuk salah satu yang  mengalami penurunan penjualan. Sama dengan mainan-mainan lainnya seperti ayunan anak, jungkat-jungkit, playground anak, playground kolam renang dan juga mangkok putar mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Ini kemungkinan disebabkan oleh lembaga pendidikan seperti TK-paud, tempat wisata, restoran banyak mengalami pembatasan kegiatan. Seperti lembaga pendidikan mulai dari tk-paud hingga perguruan tinggi yang kegiatan belajar mengajarnya dipindahkan dari tatap muka menjadi daring.

Pengiriman Perosotan Jumbo Lurus Ke Makassar

Proyek-proyek pengadaan mainan anak untuk lembaga pendidikan setingkat tk-paud dari pemerintah setelah masuknya pandemi ini sangat berkurang drastis. Dana-dana yang biasanya untuk pengadaan mainan anak lembaga pendidikan kemungkinan besar dialihkan pemerintah sementara untuk menangai pandemi yang masih mengganas. Maka, kami sebagai produsen mainan anak harus pintar-pintar untuk mencari celah pasar baru agar proses produksi di workshop kami masih berjalan. Masih ada dana untuk membayar sumber daya manusia yang bergantung pada workshop dan juga untuk menjalankan perusahaan secara keseluruhan.

Kendala Memasarkan Mainan Perosotan ke Seluruh Indonesia

Sebagai produsen berbagai macam mainan indoor-outdoor anak, kami merasakan kemudahan dalam menawarkan produk-produk kami kepada calon konsumen dengan memanfaatkan berbagai platform online yang ada saat ini. Misalkan dengan website, calon-calon konsumen dari seluruh Indonesia bisa melihat produk-produk kami 24 jam tanpa jeda selama website masih kami bayar. Ini tentu sebuah keuntungan yang tidak bisa kami dapatkan ketika kami mengandalkan marketing offline. Meski begitu, bukan berarti bahwa memasarkan produk mainan anak apakah itu perosotan atau playground anak lewat daring bukan tanpa masalah, tentu banyak sekali. Salah satu dari beberapa masalah itu adalah pengiriman.

Tidak seperti produk-produk yang ukurannya kecil dan gampang untuk dikirim, produk-produk mainan anak dari Sakti Edutoys memiliki ukuran yang besar-besar. Mengirim produk sebesar perosotan anak, sepeda air fiberglass, playground anak, playground kolam renang dan juga perosotan seukuran waterboom merupakan tantangan tersendiri untuk meyakinkan konsumen. Kami tidak bisa menggunakan jasa pengiriman reguler seperti TIKI, JNE, POS, J&T, Indah Cargo atau jasa pengiriman resmi lainnya. Dengan sistem kubikasi yang dalam pengukuran bobot produk, penggunaan jasa pengiriman yang kami sebutkan di atas akan membuat produk kami sampai di tangan konsumen dengan harga yang mahal.

Kendala ini perlahan-alahan kami coba carikan jalan keluar yang sama-sama menguntungkan bagi kami sebagai produsen mainan anak juga bagi konsumen. Akhirnya kami mencoba beberapa jasa ekspedisi pengiriman barang dengan truk yang tidak memiliki nama secara nasional tapi bisa mengirim barang secara nasional dengan harga yang terjangkau. Setelah kami bandingkan dengan jasa pengiriman yang sudah dikenal secara nasional, beda harganya sangat jauh sekali. Bisa dua kali lipat. Dengan mengandalkan jasa pengiriman yang tidak dikenal secara nasional ini, harga kami bisa lebih murah sampai ke tangan konsumen. Kami masih bisa untung, konsumen juga masih bisa mendapatkan harga mainan anak dengan harga yang rasional.

Kendala kedua adalah kami masih memiliki cabang kantor pemasaran yang terbatas di beberapa kota di Indonesia. Anda tahu sendiri, meski saat ini orang sudah sadar dengan jual beli online, tapi banyak juga orang yang tidak percaya dengan jual beli online karena pengalaman pahit tertipu ketika membeli atau menjual barang secara online. Ada yang akhirnya trauma. Ditambah lagi, rata-rata produk mainan anak yang kami jual seperti playground anak, playground kolam renang, perosotan waterboom atau sepeda air fiberglass yang harganya rata-rata di atas 20 juta. Mau tidak mau, konsumen mesti mencari cara yang paling aman dalam bertransaksi untuk membeli produk seperti yang kami jual. Misalnya, banyak konsumen yang memilih untuk datang ke workshop kami ketika akan membeli mainan anak yang nilai transaksinya di atas 30 juta. Bahkan yang dari luar jawa juga mau datang jauh-jauh ke workshop kami kalau nilai transaksinya di atas 30 juta. Ada sih beberapa yang langsung percaya ketika melihat website kami dan langsung transfer tanpa banyak tanya.

Kendala yang kami alami sebagai produsen yang jual mainan anak kami rasa pasti dialami oleh para penjual online lainnya. Tinggal bagaimana kita terus mencari terobosan-terobosan terbaru untuk mengatasi kendala tersebut. Misalkan dalam satu tahun, kita punya target untuk beberapa cabang pemasaran di kota-kota yang punya potensi besar seperti Bandung, Bogor, Jogja, Makassar, Riau, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Seperti yang kami katakan di atas, konsumen akan lebih percaya untuk membeli suatu produk ketika mereka bisa bertemu dengan penjual langsung, minimal kantor penjualan yang bisa mereka kunjungi.

Penurunan Daya Beli Masyarakat yang Drastis Sebab Pandemi

Para produsen mainan seperti Sakti Edutoys dan produsen-produsen mainan yang sama dengan kami pasti merasakan dampak berkepanjangan dari pandemi ini. Kabar dari partner produksi kami yang ada di Sukoharjo dan Jakarta mengatakan bahwa produsen-produsen mainan fiberglass yang ada di dekat-dekat mereka saat ini sepi pesanan. Keadaan yang menurut kami sangat memprihatinkan. Bisnis ini mungkin menjadi tumpuan hidup banyak keluarga kini tiba-tiba sepi pemesan karena keadaan ekonomi yang memang sedang tidak mendukung. Apalagi para produsen yang basik pemasaranya online-offlinenya lemah. Kami sendiri yang menurut kami secara marketing google muncul masih di halaman utama google masih mendapat pesanan meski tidak ramai.

Sampai sudah dua tahun lebih keadaan ini, dan tidak hanya produsen fiberglass dan mainan outdoor seperti kami yang mendapati keadaan sulit, sektor-sektor ekonomi lain juga pasti. Maka, kita harus pintar-pintar untuk menghemat pengeluaran agar usaha ini tetap bisa jalan di tengah ekonomi sesulit apa pun. Sudah kadung terlalu banyak orang yang bergantung dengan usaha yang kami jalani. Mulai dari tenaga marketing, pekerja harian, partner produksi, penyedia bahan baku dan pengiriman. Dua tahun sudah kami lalui bersama pandemi ini dan hingga kini masih produksi dari pesanan-pesanan konsumen yang masuk setiap bulan. Ini membuat kami optimis, dengan keadaan ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, kami masih bisa survive. Apalagi ketika ekonomi normal seperti biasa. Meski harapan tak pernah sesuai realita, namun usaha semaksimal mungkin harus tetap dilakukan.

Inilah sedikit dokumentasi tertulis yang kami buat dengan tema pengiriman perosotan jumbo lurus ke Makassar. Selain untuk menambah konten website, dokumentasi ini juga sekaligus sebagai bukti bahwa di masa-masa ekonomi sulit, usaha mainan indoor-outdoor yang kami jalankan alhamdulillah masih operasi, masih ada pesanan, masih bisa menghidupi orang-orang yang bergantung dengan usaha ini. Harapan kita semua, ekonomi segera pulih kembali, pandemi bisa segera teratasi oleh pemerintah dan semua element masyarakat. Salam sukses, salam sehat.

 

Scroll to Top