Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Peluang Bisnis Mainan Playground Anak

Peluang Bisnis Mainan Playground Anak

Diposting pada 12 June 2022 oleh admin

Peluang Bisnis Mainan Playground Anak

Peluang bisnis mainan playground anak – Berbicara tentang peluang bisnis di era digital seperti sekarang, jumlahnya tidak terbatas dan “kelihatanya” sangat prospek untuk dijalani. Anda ketik saja di google sesuai dengan keadaan Anda saat ini, “peluang bisnis pegawai kantoran, peluang bisnis ibu rumah tangga, peluang bisnis mahasiswa aktif, peluang bisnis jualan gorengan, peluang bisnis mahasiswa jurusan IT, peluang bisnis online baju muslim, peluang bisnis mainan anak” dan masih banyak lagi. Untuk menggeluti banyak peluang bisnis yang tersedia di internet tentu tidak semudah apa yang dipaparkan oleh si penulis artikel. Artikel-artikel yang tertulis di internet adalah pintu awal masuk untuk mendalami bisnis yang hendak kita eksekusi untuk meminimalisir error yang akan terjadi ketika bisnis sudah dieksekusi. Begitupun dengan artikel peluang bisnis mainan playground anak yang sedang Anda baca ini.

Peluang Bisnis Mainan Playground Anak terupdate

Saat ini, bisnis wisata sedang naik daun. Tempat-tempat yang dulu dianggap biasa saja oleh masyarakat umum kini tiba-tiba disulap oleh tangan-tangan kreatif menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat umum dan mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat sekitar dan pengelola. Tempat-tempat yang dulunya dianggap biasa yang dibuat tempat wisata saat ini yaitu berupa bukit dengan pemandangan kota dibawahnya, pinggir sungai, pinggir sawah, pinggir kali, kebun buah dan juga pantai-pantai. Adapun untuk di daerah perkotaan, banyak pelaku usaha yang membuka wisata kolam renang skala kecil-kecilan hingga yang berukuran sangat besar sekali. Kini yang akan kami bahas adalah membuka wahana wisata dengan menyediakan wahana playground anak di daerah perkotaan, pedesaan atau wilayah yang padat penduduk.

Dalam menjalankan bisnis wisata playground anak, tentu persiapan matang sebelum eksekusi harus dilakukan laykanya menjalankan bisnis-bisnis yang lain. Persiapan-persiapan itu berupa melihat konsep wahana, peluang pasar, target pasar, permodalan, kontraktor pembuatan playground, penyiapan lahan, pemilihan lokasi, mitigasi resiko bisnis dan juga penyiapan menejemen pelaksana. Secara singkat poin-poin ini akan bahas secara singkat dalam sub judul di bawah ini.

Konsep usaha playground anak yang hendak dibangun

Dalam membangun wahana playground anak, konsep wahana seperti apa yang hendak Anda tawarkan kepada pengunjung. Apakah hanya tempat bermain untuk anak-anak, tempat bermain sekaligus tempat kuliner, apakah hanya playground anak outdoor saja, apakah akan ada kolam renang dalam satu tempat. Konsep ini harus Anda buatkan desain terlebih dahulu dengan arsitek atau orang yang ahli dalam desain wisata. Anda bisa mencari konsep sebelum membangun dengan berkunjung ke beberapa wahana wisata playground anak. Gambaran real ketika mengunjungi wahana wisata playground anak memberikan Anda gambaran yang gamblang tentang konsep wisata yang hendak Anda bangun. Apa yang akan menjadi keunggulan dari wahana wisata yang Anda bangun dibandingkan wahana-wahana wisata playground anak yang lainnya.

Dari beberapa wahana wisata playground anak yang kami kunjungi, memang di satu lokasi ada banyak pilihan mainan. Mulai dari bom-bom car, kuliner, mini kolam renang, tempat berfoto yang menarik dan miniatur patung. Dari segi kunjungan, di akhir pekan termasuk sangat ramai sekali. Apalagi pas musim liburan sekolah dan juga libur panjang tahun baru dan hari besar keagamaan. Dengan tiket 10 ribu per pengunjung, secara hitungan kasar, pengelola tempat wisata tersebut bisa balik modal dalam jangka waktu dua tahun. Apalagi kalau ditambah dengan yang lebih masif, menurut kami kunjungannya tentu akan lebih membludak lagi. Misalkan kalau Anda mau mengunjungi wahana playground anak yang cukup ramai kunjungan wisatawannya di Jogja ada Taman Wisata Edumpark, di Lombok ada taman wisata Botani Garden Narmada, di daerah kaliurang ada Taman Wisata Dinosaurus dan masih banyak lagi.

Untuk konsep wahana playground anak yang hendak Anda bisa juga menyesuaikan dengan potensi di lokasi yang tempat pembangunan. Misalkan kalau ada potensi wisata air, bisa Anda gabungkan menjadi satu. Wisata air bisa berupa kali dengan perahu untuk wisatawan, bisa dengan wisata ikan, bisa kolam renang dan seterusnya. Kalau di tengah kota bisa dengan konsep tempat nongkrong keluarga sambil kulineran atau wisata edukasi. Melihat potensi awal yang kita miliki bisa menjadi langkah awal untuk membuka ide-ide lainnya dalam rangka mendukung konsep wisata yang hendak kita bangun. Kalau sudah ketemu kira-kira potensi apa yang hendak kita kembangkan, satu langkah awal sudah terlewati.

Target pasar yang hendak disasar

Penentuan target pasar kaitannya dengan harga tiket yang hendak Anda jual ke wisatawan. Apakah target pasar Anda adalah adalah keluarga menengah ke atas atau masyarakat umum biasa. Kita ambil contoh untuk target pasar keluarga menengah ke atas adalah Transtudio Bandung yang harga tiket masuknya untuk hari biasa adalah 200 ribu rupiah dan 300 ribu untuk week end. Jelas dengan harga segitu untuk masyarakat umum harga yang sangat mahal. Dengan harga segitu, wahana-wahana mainan yang disediakan juga termasuk sangat modern. Investasi yang dikeluarkan oleh menejemen Transtudio Bandung juga tentu sangat besar. Belum untuk operasional dan juga pembayaran karyawan yang mengoperasikan wahana tersebut. Yang kedua adalah tiket masuk untuk wahana Edumpark yang ada di Bantul, ketika kami berkunjung ke sana, tiketnya 10 ribu. Dengan wahana mainan berupa kolam renang, tempat berfoto yang menarik, odong-odong, bom-bom car dengan lokasi yang tidak begitu besar, dan patung-patung dinosourus dan juga patung berbagai macam binatang.

Dari dua wahana mainan playground anak yang kami jadikan contoh di atas, target pasar yang dibidik jelas beda. Kedua-duanya menurut kami sama-sama menguntung. Jelas yang pertama kemungkinan besar lebih menguntungkan. Jelas modal yang dikeluarkan juga berbeda jauh. Kalau Anda bisa membangun sekelas Transtudio Bandung saat ini masih sangat potensial kalau Anda bisa mengumpulkan modal milyaran untuk membangun wahana seperti itu. Dan ilmu yang Anda butuhkan jelas harus benar-benar matang dan didukung oleh menejemen yang bagus juga. Kalau yang kedua, menurut kami dananya masih tidak terlalu besar dan bisa dikelola dengan menejemen yang lebih sederhana.

Dari dua paragraf gambaran kami di atas, kami yakin Anda sudah punya gambaran yang jelas tentang target pasar seperti apa yang bisa Anda fokuskan dengan melihat sumber daya yang Anda miliki saat ini. Mulai dari luas lokasi yang Anda miliki, modal yang tersedia, dan juga kemampuan menejerial yang saat ini Anda kuasai. Kalau memungkinkan untuk membuat wahana playground anak yang seperti Transtudio atau sedikit dibawahnya juga lebih bagus, kalau tidak memungkinkan, pilihan kedua juga masih sangat bagus untuk dijalani.

Sumber modal/biaya pembuatan wahana wisata playground anak

Modal untuk membangun wahana wisata playground rata-rata di atas 1 milyar, 10 milyar hingga ratusan milyar. Bisa juga dengan dana dibawah satu milyar dengan konsep yang lebih sederhana. Biaya terbesar kalau belum ada tempat untuk membangun wahana playground adalah yang terbesar. Apalagi lokasi yang dipilih adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Tentu harga lokasi pembuatan sangat mahal sekali. Kalau Anda sudah punya lokasinya berarti satu masalah teratasi. Solusi kedua untuk lokasi adalah menyewa dengan minimal jangka waktu 10 tahun, 20 tahun atau 50 tahun. Tergantung dana besar kecil wahana yang Anda bangun dan dana yang Anda keluarkan untuk membangunnya. Kalau besar, kami sarankan untuk menyewa lokasi dengan rentang waktu yang panjang agar Anda bisa balik modal dan mendulang keuntungan dalam jangka waktu lama. Pilihan yang ketiga dan menurut kami lebih murah adalah dengan perjanjian bagi hasil antara pemilik lahan dengan Anda sebagai pemodal pembuat playground wisata.

Cara yang ketiga menurut kami adalah cara yang lebih ringan untuk memulai membuat wahana wisata playground anak. Kaitannya dengan permodalan sangat berkaitan sekali dengan cara membagi beban permodalan untuk membangun wahana playground anak. Kalau Anda punya modal tidak terbatas, mungkin tidak masalah Anda bergerak sendiri. Kalau masih tidak terlalu besar cara ketiga ini bisa jadi solusi. Ditambah dengan saran kami yang keempat adalah menawarkan kerja sama pengadaan modal dengan kerabat atau teman yang ingin menginvestasikan uangnya agar semakin berkembang. Keberhasilan Anda dalam menggaet investor bergantung pada konsep bisnis mainan playground yang hendak Anda bangun dan juga prospek bagi hasil yang akan didapatkan oleh calon investor. Maka membuat rencana yang benar-benar matang dalam membangun bisnis ini sangat signifikan dalam keberhasilan mendapat investor dalam bisnis.

Cara yang keempat dalam mendapatkan modal tentu saja dari lembaga keuangan seperti bank dan koperasi. Banyak pengusaha yang memanfaatkan lembaga keuangan dalam mendapatkan modal untuk ekpansi usaha mereka. Untuk mendapatkan dana dari lembaga keuangan pertama kali tentu Anda butuh jaminan seperti surat tanah, surat rumah atau jaminan yang sama dengan dana yang Anda pinjam. Hitung-hitungan yang harus dilakukan benar-benar cermat agar tidak terjadi gagal bayar yang akan mengakibatkan jaminan Anda tersita. Banyak pengusaha yang sukses dalam mengembangkan usaha mereka dengan meminjam uang dari lembaga keuangan, dan begitu juga sebaliknya, tidak sedikit juga yang bangkrut hingga milyaran karena kurang cermat dalam mengelola keuangan yang dipinjam dari lembaga keuangan.

Perencanaan marketing/promosi

Perencanaan marketing di awal dalam membuat bisnis wahana wisata playground anak menurut kami juga sangat penting diantara poin-poin yang kami sebutkan di atas. Anda sebagai pelaku usaha harus menyiapkan tim khusus untuk marketing agar ketika wahana ini dibuka, masyarakat umum sebagai calon pasar potensial Anda tahu bahwa Anda punya usaha wisata playground anak. Adapun media-media yang bisa Anda manfaatkan untuk marketing di era digital saat ini sangat sangat sekali pilihannya khususnya yang berkaitan dengan media online. Ada website, facebook, tiktok, twitter, youtube, instagram, whatsapp, telegram dan masih banyak lagi. Media-media online yang tersedia saat ini harus benar-benar Anda manfaatkan secara maksimal untuk menjangkau banyak calon wisatawan.

Mengenai marketing dunia online, salah satu point yang tidak boleh Anda lewatkan adalah adanya spot foto yang menarik bagi wisatawan untuk dibagikan ke berbagai media sosial yang mereka miliki. Menyediakan spot foto yang menarik adalah cara marketing gratis agar wisata yang kita kelola semakin dikenal oleh semakin banyak orang. Bahkan tidak jarang, hanya dengan spot foto yang menarik, tempat wisata bisa menjadi sangat viral dan pengunjung juga membludak. Misalkan di Jogja ada Heha Sky View, Heha Osean View, Bukit Sosok, Bukit Becici, Lost Castle, dan masih banyak lagi. Belum yang di Malang, Bukit Tinggi, Lombok dan tempat-tempat lainnya.

Setiap media online mempunyai cara pengelolaan sendiri-sendiri. Misalkan website sangat erat kaitannya dengan kualitas tulisan yang kita upload, tiktok berkaitan dengan video, begitupun dengan youtube, adapun instagram berkaitan dengan foto. Membuat tim dengan anggota beberapa orang untuk mengelola berbagai media tersebut menurut kami adalah cara mudah agar setiap media promosi yang kita gunakan bisa berfungsi secara maksimal dalam memasarkan wahana wisata yang kita bangun. Salah cara pengelolaan atau penngelolaan dengan cara yang asal-asalan akan berdampak buruk pada investasi besar yang sudah Anda “pertaruhkan” untuk membuat wahana wisata playground anak.

Persiapan menejemen

Dalam menjalankan usaha dengan modal di atas 1 milyar hingga 10 milyar memerlukan menejemen yang akan mengurusi usaha tersebut. Mulai dari menejemen karyawan yang membawahi karyawan ticketing, karyawan peralatan dan pemeliharaan wahana, karyawan marketing, keamanan, keuangan dan juga HRD. Menejemen akan memastikan bahwa semua unit yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha wahana wisata playground anak yang Anda bangun berjalan di rel yang benar. Mulai dari pemeliharaan mainan yang memastikan bahwa semua mainan berfungsi dengan baik, promosi untuk menganalkan wisata Anda ke banyak calon wisatawan, keuangan perusahaan Anda sehat dan juga berjalannya usaha secara keseluruhan. Adanya bagian usaha yang tidak berfungsi akan nampak dari menejemen perusahaan yang sehat. Seringkali, sebuah usaha bangkrut bukan karena tidak ada konsumen yang membutuhkan produk kita, tapi bisa jadi kita salah mengelola perusahaan sehingga konsumen meninggalkan produk kita.

Perusahaan-perusahaan besar yang bertahan puluhan tahun seperti perusahaan otomotif, elektronik, cafe, tempat wisata, industri manufaktur karena mereka memiliki menejemen perusahaan yang bagus dan berkembang. Mungkin untuk usaha-usaha kecil dengan modal dibawah 100 juta masih bisa bertahan dan berkembang dengan menejemen yang tidak begitu rumit karena sumber daya manusia yang dibutuhkan tidak begitu banyak. Namun untuk mengelola karyawan dengan jumlah di atas 10 atau 20 orang, maka dibutuhkan standar operasional (SOP) yang jelas agar setiap karyawan mengetahui tugas dan kewajiban yang harus mereka lakukan. Tidak ada karyawan yang mendapat beban kerja terlalu banyak juga tidak ada karyawan yang mendapat beban kerja terlalu sedikit sehingga tidak ada karyawan yang merasa diperlakukan tidak adil dalam bekerja dan penggajian.

Memilih kontraktor playground anak

Dalam membangun wahana wisata playground anak, Anda membutuhkan beberapa kontraktor dalam pengerjaan wahana yang Anda bangun. Mulai dari kontraktor desain bangunan, kontraktor mainan anak dan juga kalau kontraktor desain untuk berswafoto untuk wisatawan. Dalam memilih kontraktor juga Anda harus teliti. Anda perlu melihat portopolio si kontraktor itu sendiri. Memilih kontraktor yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi menurut sangat penting sekali dalam kesuksesan membangun wahana wisata playground anak. Jangan tergiur dengan harga murah tapi si kontraktor tidak punya portopolio sama sekali. Pertama memang Anda mendapatkan harga pembuatan murah, kedua pembangunan bisa molor tidak sesuai tenggat waktu, ketiga, hasil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk memakai kontraktor baru yang tidak punya pengalaman dalam mengerjakan wahana wisata playground anak, Anda harus benar-benar ketat mengawasi perkembangan harian pekerjaan si kontraktor apakah masih di jalur yang sesuai desain yang dibuat di awal. Jangan asal lepas saja.

Begitupun dengan kontraktor mainan. Jangan juga tergiur dengan harga murah. Anda harus detail dalam menanyakan bahan baku yang digunakan oleh si kontraktor. Berapa lama mainan yang dipesan bisa beroperasi dengan normal. Karena jelas, wahana wisata playground anak pasti untuk penggunaan jangka panjang dan digunakan oleh banyak anak. Maka mainan anak dengan kualitas bahan baku yang bagus dan juga kualitas yang bagus. Melihat portopolio dari kontraktor mainan anak juga wajib. Kunjugi wahana wisata yang pernah mereka bangun dan rasakan sendiri kualitas dari produk si kontraktor. Kalau bagus lanjut, kalau tidak bagus, saran kami Anda sebaiknya cari kontraktor yang lain daripada menyesal.

Itulah sedikit ulasan kami tentang peluang dan resiko bisnis membuat wahana wisata mainan playground anak. Sekali lagi kami ulangi seperti apa yang kami sampaikan di awal bahwa sebelum terjun dalam sebuah bisnis, melakukan kajian secara menyeluruh sebelum eksekusi bisnis ini menurut kami adalah cara paling aman untuk terhindar dari resiko terburuk sebuah bisnis yaitu kebangkrutan. Memang dalam setiap bisnis kita tidak hanya siap untuk untung, tapi siap untuk rugi juga harus agar kita tetap waspada dan tidak asal-asalan dalam menjalankan bisnis. Terima kasih sudah membaca artikel kami yang berjudul peluang bisnis mainan playground anak. Semoga Anda sukses kalau sudah memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini.

Bagikan informasi tentang Peluang Bisnis Mainan Playground Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Peluang Bisnis Mainan Playground Anak | 081246831706 Jual Perosotan I Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Peluang Bisnis Mainan Playground Anak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan